Minggu, 13 Juli 2014

Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang - Banten

Kantor Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang


Alamat: Jl.Nambo-Teras Bendung Km.6 Lebak wangi 

 


Serang – Kabupaten Serang memekarkan satu wilayah baru yaitu Lebak Wangi. Dengan adanya pemekaran ini, jumlah kecamatan di Kabupaten Serang menjadi bertambah satu kecamatan dari 28 menjadi 29 kecamatan.

Kecamatan Lebak Wangi merupakan kecamatan baru yang terbentuk sesuai Peraturan daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2012, Tentang Pembentukan Kecamatan Lebak Wangi. Pemerintah Kabupaten Serang mempercayakan kecamatan ini dipimpin oleh A Samsudin.

Kecamatan Lebak Wangi dibentuk dari 10 desa yang berasal dari 4 kecamatan. Kesepuluh 10 desa yakni, Desa Kebon Ratu dan Tirem sebelumnya berada pada Kecamatan Ciruas; Desa Kamruton dan Teras Bendung dari Kecamatan Keragilan; Desa Bolang dan Purwodadi dari Kecamatan Carenang; Desa Lebak, Lebak Kepuh, Kencana Harapan dan Desa Pengandikan masuk di Kecamatan Pontang.

Menurut Camat Lebak Wangi A Samsudin, untuk perangkat kecamatan,  selain dirinya telah dilantik menjadi Camat, Pemerintah Kabupaten Serang juga telah melantik Sekretaris Camat dan 5 Kepala seksi (Kasi) pada 12 September lalu. “Jadi untuk saat ini pihak kecamatan masih dalam tahap mensosialisasikan kepada masyarakat dengan melinbatakan, baik Kepala Desa (Kades), Rukun warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) serta para tokoh-tokoh masyarakat,” kata Samsudin usai menghadiri kunjungan kerja para Camat se-Kabupaten Bangka ke Kabupaten Serang.

Saat ini, kata A Samsudin, pihak kecamatan masih dalam tahap pembenahan serta mencari lahan untuk lokasi kantor kecamatan. “Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui peta lokasi dan data penduduk, data ini juga terus kami sosialisasikan melalui kegiatan Jumling (Jum’at keliling-red),” jelasnya.

Selain itu, penyaluran raskin juga diharapkan sudah bisa didistribusikan melalui kantor Kecamatan Lebak Wangi. Disisi lain juga, akan mengajukan kepada Pemkab Serang maupun instansi terkait untuk perbaiakn infrastruktur yang menghubungkan antar kecamatan. “Saat ini jalan Teras-Bendung-Beberan sepanjnag 8 kilometer kondisinya sudah mengalami rusak berat. Untuk itu saya berharap kedepan Kecamatan Lebak Wangi bisa menjadi kecamatan percontohan untuk kecamatan lain di Kabupaten Serang,” harapnya.


Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan menganggarkan dana untuk pengadaan lahan bagai Kantor Kecamatan Lebak Wangi pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2013 mendatang.

Asisten daerah (ASDA) I Bidang Pembangunan Setda Kabupaten Serang, Rachmat Jaya mengatakan, untuk bisa melakukan pembebasan lahan memerlukan waktu yang cukup panjang. Untuk itu pembebasan lahan rencananya akan dianggarkan pada APBD 2013.  “Hal ini kami lakukan agar bisa menempuh proses dengan waktu yang panjang,” katanya kepada mediabanten.com, Rabu (10/10).

Rachmat berharap, Kecamatan Lebak Wangi dan kantor muspika dan Unit pelaksana teknis dinas (UPTD) diharapkan berada disatu lokasi. “Jika semua berada disatu lokasi akan memudahkan akses pelayanan terhadap masyarakat dengan optimal,” terangnya.


Tidak hanya itu, pelayanan maupun pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang sebelumnya masuk ke kecamatan lain. Agar segera bisa masuk ke Kecamatan Lebak Wangi. “Itupun kita harapkan pada 2013 mendatang untuk PBB bisa masuk melalui Kecamatan Lebak Wangi,” harapnya


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar